Twitter Jadi Alat Jitu Meramal Film Sukses

Jakarta - Mau tahu apakah sebuah film akan sukses atau tidak? Tak perlu bola kristal atau kartu tarot, produsen film kini bisa menggunakan Twitter untuk meramal nasib sebuah film.

Metode meneliti sukses atau tidaknya sebuah film lewat Twitter dilakukan oleh para peneliti di Hewlett-Packard (HP). Hasilnya, konon cukup akurat dalam menebak keberhasilan sebuah film.

Seperti dikutip detikINET dari BBCNews, Senin (12/4/2010) kepala laboratorium Hewlett Packard (HP), Bernardo Huberman mencontohkan keberhasilan sistem prediksi mereka pada film zombie 'The Crazies'. Film itu diprediksi mendapatkan USD 16,8 juta pada minggu pertama tayang di AS, dan ternyata film memang sukses meraup USD 16,06 juta.

Para peneliti juga memprediksi film drama romantis 'Dear John' akan mendapatkan USD 30,71 juta pada minggu pertamanya tayang di Amerika. Hasilnya? Film tersebut mendapatkan USD 30,46 juta.

Menurut tim di HP, semakin banyak tweet mengenai film itu pertanda semakin banyak orang yang akan menontonnya. Selain hasil minggu pertama, para peneliti juga bisa memprediksi sukses di minggu kedua dengan menggunakan analisa lanjutan.

Analisa lanjutan itu melihat respons positif, negatif atau netral dari tweet yang muncul kemudian. Para peneliti menggunakan layanan Mechanical Turk dari Amazon untuk membantu memilah-milah isi tweet. Kemudian, hasil pemilahan itu digabungkan dengan analisa tersendiri.

Para peneliti percaya bahwa analisa melalui Twitter dapat digunakan untuk memprediksi sukses dari produk lainnya yang akan dijual. Meskipun, ada beberapa keterbatasan pada metode analisa ini.
http://www.detikinet.com/read/2010/04/12/160157/1336762/398/twitter-jadi-alat-jitu-meramal-film-sukses


Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

0 Response to "Twitter Jadi Alat Jitu Meramal Film Sukses"

Posting Komentar